batu akik
Community

Jejak Pecinta Batu Akik

Meskipun geliat batu akik sudah meredup, namun para pecinta batu akik akan tetap setia membelinya. Mulai dari Rawa Bening sebagai pasar batu terbesar di Asia Tenggara hingga di Bintaro Trade Center  (BTC)  Sektor 7 masih terlihat disambangi para pembeli batu akik. Artinya, para pecinta batu akik tetap masih ada.

Para pecinta batu akik di wilayah Bintaro tentunya sudah tidak asing lagi dengan ruko Bintaro Trade Center  (BTC)  Sektor 7. Pasalnya, semua pecinta batu akik di wilayah Bintaro pasti pernah mampir ke lokasi ini untuk mendapatkan batu berkualitas super. Tidak hanya itu, di lokasi ini orisinalitas batu juga bisa dipertanggung jawabkan karena sudah diuji oleh gemologists di laboratorium.

Meskipun sudah mulai terlihat jarang yang memamerkan batu akik, disarankan untuk para pecinta batu pemula, untuk membeli batu akik yang sudah memiliki sertifikat. Hal ini dikarenakan batu tersebut sudah melewati uji keaslian di laboratorium. Sehingga, pembeli batu tidak akan menempuh resiko membeli batu masakan atau sintetis.

Walaupun begitu, jika seseorang telah jatuh cinta terhadap keindahan batu, tak perduli berapa pun harganya pasti dibeli. Oleh karena di dunia batu akik tak ada patokan harga khusus untuk setiap varian batu. Tak heran banyak batu yang harganya tinggi melebihi kewajaran.

Selain di BTC, pecinta batu akik juga masih terlihat di beberapa titik di Jl. Kyai H. Hasyim Ashari, Cileduk. Dimana, setiap sore hari, para pecinta batu ini kumpul untuk saling berkomunikasi. Umumnya mereka saling mengulik kelebihan dan kekurangan masing-masing batu akik yang dimiliki. Tak jarang dari mereka yang juga mencoba menawarkan batu akik miliknya dengan batu lainnya.

Lebih lanjut, berdasarkan penelusuran, hingga kini berbagai batu akik masih menjadi priimadona bagi para pecintanya. Terutama, beberapa batu akik dibawah ini:

Batu Akik Bacan Hijau

Batu akik yang berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara ini sangat diminati bahkan sampai kolektor mancanegara pun juga ikut berburu batu ini. Jadi, jangan heran dengan batu akik ini jika harganya selangit karena memiliki berbagai keistimewaan dimata para pecintanya. Salah satunya, batu ini bisa bermetamorfosa secara alami semakin lama semakin indah. Dari jenis batu ini yang paling populer adalah bacan doko dan batu bacan palamea.

Batu Akik Zamrud

Identik dengan warna khas hijau, batu menjadi jenis batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun digunakan sebagai batu perhiasan. Batu dengan kekerasan 7.5 skala mohs ini sangat dihargai dan dimuliakan pada zaman kerajaan bahkan hingga saat ini. Jadi pantas rasanya jika batu ini dihargai sangat mahal karean sejarah dan keindahan yang melekat di dalamnya.

Batu Akik Kalsedon

Memiliki ciri khusus seperti diselimuti kabut transparan, semakin menambah keeksotisan dari batu akik jenis ini. Bisa ditemukan di daerah Jawa Barat dan daerah Sulawesi Tenggara batu ini seakan ikut melengkapi keindahan jenis batu akik yang ada di tanah air. Meskipun demikian, batu ini juga bisa ditemukan di daerah seperti pacitan, Jawa Timur.

Batu Akik Topaz

Batu akik topaz memiliki pilihan warna jingga, kuning dan juga kemerahan yang dapat ditemukan di negara Brazil, Srilanka, Meksiko serta Rusia. Bagi yang percaya akan khasiat dari batu akik, batu jenis ini bisa mengurangi depresi bagi para pemakainya.

Batu Akik Kalimaya

Meskipun terasa lembek, namun batu ini tetap banyak diburu. Hal ini tidak lepas dari keunikannya yang dapat memancarkan warna semacam berlian menjadikan batu ini termasuk incaran nomor satu bagi pecinta batu akik di tanah air. Batu yang sering disebut dengan opal ini dapat ditemui di wilayah Banten. Sedangkan di luar negeri, bisa ditemukan di India, Meksiko, Australia dan juga .

Batu Akik Sungai Dareh

Berasal dari Sumatera Barat, batu ini sangat populer di kalangan kolektor batu akik. Bahkan para pemimpin negara pun disinyalir juga memakai batu akik ini. Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Barrack Obama pun diperkirakan pernah juga memakai baju akik ini. Hal ini semakin menjadikan batu ini memiliki harga yang melambung tinggi.

Batu Akik Safir

Batu ini tergolong mahal dan memiliki segmen pasar tersendiri. Pasalnya, batu ini dianggap memiliki khasiat bisa menenangkan jiwa atau pikiran yang sedang kalut. Meskipun demikian, jangan sampai terlalu percaya begitu saja ya. Pasalnya, ketenangan jiwa itu datanganya dari pemberian sang maha pencipta.

Teks : Indra, berbagai sumber || Foto : Indra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM