Telkomsel Hadirkan Jaringan Terdepan
Business & Profile

Sambut Asian Games 2018, Telkomsel Hadirkan Teknologi Jaringan Terdepan

Bersamaan dengan peresmian Stadion Utama GBK oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibarengi pertandingan sepakbola persahabatan antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Islandia, fasilitas jaringan dengan teknologi terdepan Telkomsel sukses mengawal pengamanan kualitas jaringan selama gelaran berlangsung, akhir pekan lalu.

“Gelaran peresmian Stadion Utama GBK yang baru direnovasi dan disertai pertandingan sepak bola Timnas melawan Islandia ini menjadi momen yang tepat bagi Telkomsel untuk menguji kemampuan teknologi jaringan terdepan yang memang telah dipersiapkan untuk menyambut perhelatan olahraga Asian Games 2018, yang salah satunya akan berlangsung di Jakarta,” kata Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani dalam keterangan resminya yang diterima redaksi.

Menurut Ririn, sejumlah upaya yang telah dilakukan antara lain melalui implementasi teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz serta Massive Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk jaringan pita lebar terdepan 4G LTE Telkomsel yang menjangkau kawasan GBK.

Dengan menggelar optimalisasi kualitas jaringan 17 BTS yang sudah beroperasi di sekitar kawasan GBK, Telkomsel juga melakukan penambahan 22 BTS serta 20 diantaranya berjenis Lampsite yang secara khusus dihadirkan untuk pengamanan jaringan indoor Stadion Utama GBK.

Telkomsel Hadirkan Jaringan Terdepan di GBK

Telkomsel Hadirkan Jaringan Terdepan di GBK

Selain itu, Telkomsel juga mengoperasikan 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) yang sudah dilengkapi teknologi frekuensi TDD 2,3 MHz serta 1 unit BTS berteknologi Massive MIMO yang menjangkau kawasan outdoor sekitar Stadion GBK.

Di sisi lain, Telkomsel berharap dapat memastikan kualitas jaringan terdepan yang telah beroperasi mampu menghadirkan kemudahan dan kenyamanan pelanggan, khususnya dalam menikmati akses layanan broadband dan digital secara bersamaan dalam satu titik keramaian yang padat pengguna.

“Sebagai salah satu pihak sponsor resmi gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Telkomsel secara konsisten telah melakukan sejumlah aktivitas untuk memastikan kenyamanan pengunjung dalam mengakses layanan berbasis broadband dan digital agar selalu terjaga,” ujarnya.

Ririn menambahkan, pada gelaran pertandingan sepakbola Timnas Indonesia melawan Islandia sendiri, Telkomsel mencatat total trafik layanan data pelanggan yang hadir di Staion Utama GBK mencapai lebih dari 1650 GB, dengan trafik tertinggi yang dapat terlayani dalam satu momen bersamaa hingga 210 GB. Lonjakan trafik layanan data tersebut meningkat hingga 240% dibandingkan hari pada akhir pekan pada umumnya.

Tingginya akses layanan data tersebut tetap terjaga kualitasnya seiring upaya antisipasi yang telah dilakukan Telkomsel, seperti memaksimalkan teknologi jaringan TDD 2,3 Mhz termasuk FDD 1,8 MHz serta Massive MIMO yang telah di kawasan Stadion Utama GBK, yang pada saat ujicoba sebelumnya kecepatan akses layanan data mencapai 350 Mpbs.

Pelanggan Telkomsel berselfi ria di GBK

Pelanggan Telkomsel berselfi ria di GBK

Trafik layanan data di Stadion Utama GBK didominasi akses layanan broadband oleh pelanggan untuk browsing internet, upload dan streaming live melalui media sosial, terutama untuk mengabadikan momen berlangsungnya pertandingan Timnas Indonesia melawan Islandia.

Kehadiran teknologi jaringan terdepan tak hanya dihadirkan di kawasan GBK, namun juga di sejumlah venue pertingan Asian Games lainnya yang tersebar di wilayah Jakarta. Telkomsel terutama wilayah operasional Area Jabotabek Jabar telah memastikan kesiapan seluruh fasilitas jaringan serta ketersediaan produk dan layanan guna mensukseskan ajang internasional tingkat Asia ini, terlebih sebelumnya Telkomsel juga sukses menggelar kualitas jaringan prima selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat belum lama ini.

Sebagai informasi, dengan beroperasinya fasilitas jaringan yang baru dan dilengkapi teknologi terdepan seperti frekuensi TDD 2,3 Mhz dan Massive MIMO ini diharapkan pengalaman pelanggan dalam menikmati akses layanan broadband menggunakan jaringan 4G LTE akan tetap terjaga dan semakin maksimal, dikarenakan kedua teknologi tersebut secara khusus dihadirkan guna menambah kapasitas akses broadband mencapai 5 sampai 8 kali lebih besar dibandingkan teknologi jaringan lain pada umumnya.

Teknologi ini diharapkan dapat mengakomodir trafik layanan data dalam kapasitas besar di saat berlangsungnya pertandingan sejumlah olahraga yang diprediksi akan dihadiri para pendukung kontingen negara Asia dengan jumlah yang masif pada momen yang bersamaan.

Teks : Indra / Foto : Dok. Telkomsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

FOLLOW @ INSTAGRAM